SEARCH TYPE COMPUTER HERE

Your Ad Here



Jumat, 20 Februari 2009

LG Akan Sisipkan Chip Intel Moorestown



Kolaborasi dua produsen besar kembali terjadi,. Kali ini antara LG dan Intel. Beberapa waktu lalu Intel telah mengumumkan bahwa LG Elektronics akan membenamkan salah satu besutan Intel ke dalam perangkat bergerak (mobile) milik LG. Chip yang akan ditanamkan ke dalam perangkat LG tersebut sengaja dirancang untuk mendukung akses Internet via Personal Digital Assistant (PDA).

LG akan menggunakan chip hemat daya terintegrasi dari platform Intel Moorestown dalam Mobile Internet Device-nya (MID) mendatang. MID sendiri dapat digolongkan sebagai perangkat telekomunikasi genggam dan perangkat Internet yang merupakan hasil perkawinan antara sub-notebook dan ponsel pintar.

Desain ini merupakan langkah besar yang diambil Intel demi menguasai "lahan basah" dalam pasar perangkat bergerak, sekaligus juga untuk menggeser rival terberatnya, ARM. Sekedar informasi, LG merupakan vendor ponsel terbesar ketiga di dunia pada tahun 2008. Pabrikan tersebut mengirimkan ponsel sebanyak 100,7 juta unit, berada di belakang Nokia dan Samsung yang sukses mengirimkan sebanyak 468,4 juta dan 196,7 juta ponsel.

Tahun lalu, Intel memperkenalkan prosesor Atom yang berkodekan Menlow (untuk MID)., yang sayangnya boros dalam pemakaian daya batere. Di pundak Intel Moorestown inilah, Intel menaruh harapan dapat memperbaiki kekurangan Menlow. Intel mengatakan, Moorestown ini akan mengkonsumsi daya sepuluh kali lebih sedikit (saat berada dalam modus siaga/standby). Platform Moorestown terdiri dari sistem-on-chip yang dibangun di sekitar inti prosesor Atom dan chipset Langwell.

Selain dengan Intel, LG juga bekerja dengan ponsel Ericsson guna membawa jaringan 3G dengan modus MID yang telah direncanakan. LG sendiri belum bersedia memberi informasi tentang kapan tepatnya produk yang akan membenamkan Intel Moorestown itu akan dirilis. Namun demikian, ada sedikit bocoran, yaitu chip Intel Moorestown baru akan dilansir pada tahun 2010 mendatang. Pengumuman ini nantinya diharapkan dilakukan pada acara GSMA Mobile World Congress yang berlangsung di Barcelona.

(Indah PM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar