SEARCH TYPE COMPUTER HERE

Your Ad Here



Jumat, 20 Februari 2009

Generasi Memori Masa Depan



Toshiba telah mengembangkan memori jenis FeRAM (Ferroelectric RAM) dengan kapasitas yang lebih tinggi. Jagoan baru Toshiba ini dapat mengirim dan menerima data pada kecepatan delapan kali lebih gesit dari prototipe sebelumnya.

FeRAM merupakan memori jenis baru yang menggabungkan kecepatan chip DRAM (yang biasanya diusung sebagai memori utama komputer), dan kemampuan untuk menyimpan data saat daya dimatikan (layaknya chip memori flash yang biasa dipakai pada ponsel, kamera digital atau perangkat gadget lainnya). FeRAM telah dikembangkan selama bertahun-tahun tapi belum pernah diproduksi secara massal.

Chip anyar ini memiliki kapasitas 16 MB dan memiliki kecepatan membaca atau menulis data dengan kecepatan 1,6 GB/detik. Sedikit ditarik ke belakang, Toshiba terakhir kali merinci FeRAM-nya pada tahun 2006, saat berhasil menciptakan FeRAM berkapasitas 4 MB yang mampu mencapai kecepatan transfer data sebesar 200 MB/detik.

Chip ini merupakan purwarupa (prototipe) chip versi paling "gres" dari Toshiba, yang kemungkinan besar akan menjadi produk yang diproduksi secara massal. Namun, Toshiba sendiri belum memiliki rencana konkrit untuk memproduksi chip FeRAM secara massal, mengingat perusahaan tersebut mengakui kalau harga masih menjadi kendala terbesar saat ini.

Teknologi FeRAM ini antara lain bisa diterapkan sebagai memori cache terintegrasi dalam bidang semikonduktor. Meskipun mendukung kemampuan baca dan menulis yang cepat, dan tetap menyimpan data saat tidak dialiri listrik, daya tampung total chip ini pada kapasitas 16 MB ternyata lebih rendah ketimbang chip memori flash konvensional.

(Indah PM/cnet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar